Sabtu, 29 November 2014

Membangun Sumber Daya Manusia (SDM) Masyarakat Madura



Sejak diresmikan pada 10 Juni 2009 oleh Presiden Sulilo Bambang Yudhoyono , jembatan Suramadu terus menjadi perhatian publik. Pasalnya jembatan yang menghubungkan pulau Madura dengan Surabaya tersebut menjadi jembatan terpanjang di Asia Tenggaran dengan panjang mencapai 5,4 meter. (tempo.co, Rabu, 10 Juni 2009)
Sejak saat itu, banyak wisatawan domestik maupun mancanegara berbondong-bondong mengunjungi jembatan suramadu untuk sekedar lewat dan menikmati sensasi berkendara di atas laut. Bahkan tak jarang            mereka berhenti di tengah –tengah jembatan untuk sekedar berfoto. Sehingga jembatan Suramadu menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi di jawa Timur (detik.com, Kamis, 14 Maret 2013).
Bagi masyarakat Madura, dibangunnya jembatan Suramadu menjadi tantangan yang cukup berat. Pasalnya dengan dibangunnya jembatan itu, arus transportasi semakin cepat. Sehingga budaya dari luar akan semakin mudah masuk ke pulau Madura. Kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat juga akan berubah seiring perkembangan zaman.
Di sinilah peran Badan Pengembangan Wilayah Surabaya – Madura (BPWS) dibutuhkan untuk merencanakan pembangunan Madura pasca dibangunnya Suramadu. Selain pembangunan infrastuktur yang selama ini kerap dilakukan oleh BPWS. Maka juga dibutuhkan pembangunan sumber daya manusia (SDM) masyarakat Madura mengingat masih rendahnya indeks prestasi manusia (IPM) empat kabupaten di Madura.
Pembangunan sumber daya manusia (SDM) dapat dilakukan dengan membekali masayarakat Madura dengan berbagai keahlian (skill). Seperti pelatihan pengembangan produk usaha dengan teknologi yang modern. Juga menanamkan jiwa enterprenuership kepada anak muda Madura dengan menggelar pelatihan kewirausahaan yang melibatkan perguruan tinggi yang ada di Madura.
Selain itu yang perlu dilakukan oleh BPWS adalah memberikan pelatihan kepada kelompok masayarakat untuk bisa membuat kerajinan khas masing-masing daerah sehingga bisa dipasarkan di tempat wisata yang nantinya juga akan dibangun oleh BPWS dengan harapan bisa menumbuhkan ekonomi masyarakat setempat.
Yang tidak kalah pentingnya adalah mendukung perkembangan pendidikan di Madura dengan memberikan bantuan beasiswa kepada anak yang berbakat dengan catatan setelah lulus dari perguruan tinggi bisa kembali ke daerahnya dan ikut membangun Madura. sebab saat ini masih banyak anak muda yang memiliki keahlian di berbagai bidang justru berdomisili di luar Madura.
Tentunya kita berharap BPWS mampu berperan aktif untuk perkembangan Madura kedepannya dengan merangkul semua lapisan masyarakat yang ada di Madura.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar