Sabtu, 04 Agustus 2012

WISATA RELIGI BATU AMPAR PAMEKASAN


            Wisata religi saat ini tetap memilki tempat yang tertinggi di hati masyarakat. Selain mampu dijadikan tempat mengisi liburan, wisata religi juga menjadi tempat untuk menambah pengalaman dan pengetahuan tentang perjalanan serta silsilah para wali Allah. Di Pemakaman Batu Ampar Pamekasan Madura misalnya, pemakaman yang terletak di Desa Pang Phetok Kecamatan Proppo tersebut, bisa dipastikan setiap hari tidak pernah sepi pengunjung. Ratusan bahkan ribuan orang dari Jawa dan Luar jawa berbondong-bondong mendatangi pemakaman Syaikh Abdul Mannan dan keluarganya itu.
            Pada senin malam (16/7), waktu saya tiba, hampir tidak ada tempat kosong yang tersedia di areal pemakaman. Di setiap sudut dipenuhi ratusan orang yang sedang membaca Al- Qur’an dan Tahlil. Mereka ada yang berkelompok dan ada pula yang perorangan, bahkan sebagian ada yang bermalam tanpa harus menyewa kamar karena sudah disediakan kamar khusus tamu bagi yang ingin bermalam.
            Bagi yang tidak membawa bekal tidak usah khawatir akan kelaparan karena di sekitar areal pemakaman banyak warung yang menyediakan makanan yang harganya cukup terjangkau dan ada juga took yang menyediakan berbagai souvenir asal Madura yang bisa dijadikan oleh-oleh saat pulang kerumah masing-masing.

0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright © 2014 Coretan Pena. All rights reserved. Diberdayakan oleh Blogger.