Selasa, 21 Februari 2012

GAGASAN : PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PRAMUKA


Pendidikan karakter diluncurkan oleh Kemendiknas pada tahun 2010. dengan tujuan membentuk pribadi anak bangsa menjadi yang lebih baik dan berkarakter. Sejak saat itu, kurikulum di sekolah dituntut untuk meletakkan  pendidikan karakter dalam semua mata pelajaran. Sehingga semua buku teks mulai di tambah dengan petuah-petuah yang diharapkan mampu mengubah karakter anak bangsa menjadi lebih baik.
          Mengingat pendidikan karakter merupakan ilmu yang tidak cukup hanya di pelajari secara teori tapi juga perlu praktek (pembiasaan), dan melihat jam pelajaran yang tidak memungkinkan untuk mentransfer semuanya kepada siswa, maka dari itu, kita harus mencari alternatifdan salah satu alternatif yang bisa kita lakukan ialah mewajibkan siswa untuk mengikuti ekstrakurikuler Pramuka.
          Seperti kita ketahui, dalam pramuka kita diajari kedisiplinan, kejujuran, kemandirian dan sebagainya. Yang semuanya tertuang dalam kegiatan-kegiatan kepramukaan. Jadi, kita bisa gunakan pramuka sebagai alternatif untuk membentuk karakter anak bangsa menjadi yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar